Ini Pentingnya Rajin Minum Air Perasan Lemon Tiap Pagi

Jakarta – Banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk meminum air hangat dengan perasan jeruk lemon sesaat setelah bangun tidur. Meskipun rasanya asam, buah lemon merupakan makanan yang sifatnya basa, yang dapat menjaga keseimbangan pH tubuh agar terjaga kesehatannya serta terhindar dari berbagai penyakit. Ini beberapa alasan lainnya kenapa Anda disarankan untuk meminum air lemon hangat di pagi hari.

Diterbitkan: Rabu, 23/04/2014 18:31 WIB | Oleh Hestianingsih – Wolipop

1. Tonik untuk Liver
Praktisi food combining, Erikar Lebang mengatakan, air dengan perasan lemon di pagi hari sangat baik untuk menjaga kesehatan liver. Setelah semalaman bekerja untuk menyaring racun-racun di dalam tubuh yang berasal dari makanan tidak sehat, liver membutuhkan tonik untuk mempertahankan fungsi kerjanya. Pagi hari merupakan waktu paling tepat untuk memberi ‘hadiah’ pada liver, tapi pastikan Anda tidak mengonsumsi apapun 20 menit sebelum atau setelah meminumnya.

 

2. Mengganti Cairan Elektrolit
Saat malam hari, tubuh kekurangan cairan selama lebih kurang 6-7 jam. Itulah sebabnya kita kerap merasa lemas saat bangun di pagi harinya. Meminum air putih saja tidak cukup, Anda perlu menggantinya dengan cairan elektrolit. Ketimbang minum minuman kemasan yang mengandung elektrolit, akan lebih sehat jika mengonsumsinya dari sumber yang alami. Pakar nutrisi dan gaya hidup sehat dr. Phaidon L. Thoruan mengatakan, air perasan jeruk lemon memberi efek seperti ‘listrik’ bagi tubuh. Membuat tubuh jadi lebih segar dan tidak mengantuk lagi setelah bangun tidur.

 

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Buah-buahan citrus, termasuk lemon tinggi kandungan vitamin C nya dan memegang peranan penting dalam mempertahankan sistem imun tubuh. Lemon juga mengandung zat antimikroba yang menjauhkan And dari serangan pilek dan virus penyebab influenza. Selain itu ascorbic acid yang terdapat dalam air lemon juga membantu penyerapan zat besi yang meningkatkan daya tahan tubuh.

 

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Pectin, jenis serat larut yang ditemukan dalam lemon membantu mengurangi rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Serat di dalam lemon juga menjaga kesehatan pencernaan dengan menyingkirkan zat-zat serta sisa makanan yang tak berguna bagi tubuh keluar lewat kotoran.

 

5. Pembangkit Energi
Tidak perlu lagi mengonsumsi minuman berenergi dalam kemasan yang mengandung pemanis buatan, perasa buatan dan bahan pengawet. Ada pilihan yang lebih alami dan sehat untuk membuat Anda kembali bertenaga, yaitu dengan air perasan jeruk lemon. Air lemon membantu menghidrasi dan melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh, sehingga Anda merasa lebih segar dan berenergi.

 

6. Mempercepat Metabolisme Tubuh
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lemon membantu detoksifikasi pada liver dan proses pengeluaran racun ini juga sekaligus mempercepat pembakaran lemak. Metabolisme tubuh Anda dalam membakar kalori dan lemak pun jadi meningkat sebanyak 33 persen.