Kadar pH Darah Terlalu Asam? Yuk Cek, Ini Gejala yang Mungkin Muncul

Ajeng Annastasia Kinanti – detikHealth
Jumat, 20/12/2013 14:00 WIB

Jakarta, Kesehatan tubuh manusia tak lepas dari keseimbangan berbagai kondisi yang ada di dalam tubuh, termasuk keseimbangan asam dan basa di dalam darah. Hati-hati, ini akibatnya jika Anda tak mengontrol dengan baik pilihan menu makanan sehari-hari.

Untuk dikatakan seimbang, pH darah harus berada pada kadar 7,4-7,6, atau lebih spesifiknya berada di titik 7,369. Ketidakstabilan keadaan pH ini paling sering membuat jaringan tubuh seseorang menjadi asam atau yang disebut dengan asidosis.

Nah, dalam keadaan pH yang cenderung asam itu pula, tubuh menjadi kurang dapat mentoleransi ketidakseimbangan asam yang berkelanjutan. Dikutip dari buku ‘Cara Sehat Prima & Bugar Secara Aman: Food Combining’, Jumat (20/12/2013), berikut beberapa gejalanya yang mungkin muncul:

 

1. Ruam kulit atau alergi lain

Ruam pada kulit yang timbul sebagai gejala kelebihan asam dalam tubuh biasanya muncul berupa bintik kecil seperti biang keringat. Bisa juga berupa perasaan gatal dan tak nyaman pada kulit.

 

2. Kelelahan dan sakit kepala

Kadar pH yang cenderung asam membuat tubuh kita mudah merasa lelah. Selain itu biasanya akan muncul juga sakit kepala dan sulit untuk berpikir jernih.

 

3. Daya tahan tubuh menurun

Ketika kadar asam terlalu banyak, tubuh akan mudah terserang penyakit ringan. Di antaranya adalah mudah menggigil saat diterpa angin dingin atau beberapa hal lain yang sebelumnya tak pernah dikeluhkan.

 

4. Demam dan flu

Gejala yang cukup parah terjadi akibat ketidakseimbangan pH sesuai dengan seharusnya yaitu timbulnya penyakit flu. Badan terasa meriang, suhu tubuh meningkat, pilek dan kadang disertai dengan radang tenggorokan.

 

5. Disfungsi kelenjar tiroid

Disfungsi kelenjar tiroid adalah ketidakmampuan kelenjar tiroid untuk menjalankan fungsinya sebagai pengendali utama metabolisme tubuh. Dalam keadaan yang sudah tidak berfungsi, kelenjar tiroid tidak mampu menghasilkan, menyimpan, dan melepaskan hormon tiroid dalam peredaran darah. Nah, ketika hal tersebut terjadi, tubuh akan menjadi mudah lelah, mudah mengantuk, kedinginan, obesitas, depresi, konstipasi dan nyeri otot.