Pertanyaan Seputar Kangen Water ®

 

Berapa lama -ORP (antioksidan) bisa bertahan?

Cara terbaik minum Kangen Water® adalah saat baru keluar dari Mesin (masih dalam keadaan fresh), karena pada kondisi ini kandungan antioksidannya sangat tinggi (bisa mencapai -600mV). Hal ini sangat bagus untuk menangkal radikal bebas. -ORP atau Oxidation Reduction Potential (Antioksidan) dari air bersifat basa yang telah diproses oleh Mesin Kangen Water® akan berkurang secara cepat karena pengaruh lingkungan (kemasan tempat menyimpan air, terkena oksigen dari udara bebas, sinar matahari, kontaminasi dari mulut kita). Maka dari itu, lebih baik Kangen Water ® langsung diminum saat keluar dari Mesin. Jika Anda memutuskan untuk menyimpannya dalam wadah, nilai -ORP ini akan turun secara bertahap sebanyak 50 persen selama 24 jam pertama dan air akan perlahan kehilangan kandungan antioksidan jika disimpan lebih dari 48 jam. Jika Anda tetap ingin menyimpan, simpan dalam botol tertutup yang kedap cahaya dan kedap udara. Tutup rapat, dan habiskan maksimal 3 hari. Karenanya untuk terapi penyembuhan, disarankan untuk memiliki Mesinnya (bukan membeli air) untuk mendapatkan manfaat antioksidan yang optimal.

 

Jika meminum Kangen Water®, apakah asam lambung bisa netral?

TIDAK. Lambung tidak selalu asam seperti yang kita pikirkan. Ketika kita makan, asam hidroklorida dilepaskan untuk merespon protein dan peregangan lambung pada waktu kita mengonsumsi makanan (untuk mencerna makanan). Air (atau bisa juga alkohol), diserap secara langsung melalui saluran-saluran di dalam lambung tanpa mengeluarkan asam hidroklorida. Sehingga, walaupun seseorang meminum air bersifat basa dalam keadaan perut kosong atau sebelum makan, air tersebut akan cepat diserap tubuh dan disirkulasi ke seluruh tubuh (bukan dicerna oleh lambung).

 

Untuk pemula sebaiknya minum Kangen Water® pH berapa?

Dimulai dengan level terendah yaitu pH 8.5 (seminggu pertama). Anda coba minum sebanyak 2-3 gelas, jika dirasakan nyaman (tubuh sudah mampu beradaptasi), lanjutkan minum seperti biasa (minum seperti Anda konsumsi air minum sehari-hari). Lalu naikkan ke pH 9 (di minggu ke dua), lalu naikkan ke level tertinggi yaitu pH 9.5 (di minggu ke tiga). Pada orang sakit, orang yang memiliki “kerapuhan” dalam hal kesehatan, orang lanjut usia, orang yang tubuhnya sangat asam (very acidic) memerlukan adaptasi yang lebih lama dari orang sehat. Karenanya indikator untuk lanjut ke pH yang lebih tinggi atau tetap di pH saat ini adalah apakah proses detoksifikasi masih ada atau sudah selesai (jika dirasakan nyaman atau tidak / tubuh sudah mampu beradaptasi atau belum).

 

Apa saja reaksi awal yang berkaitan dengan konsumsi Kangen Water® ?

Saat minum Kangen Water®, reaksi detoksifikasi yang normal terjadi adalah sakit kepala, lemas, nyeri sendi, hidung berlendir (gejala seperti flu), perubahan BAB (lebih gelap, lebih lembut, lebih berbau), gas yang meningkat (sering sendawa atau sering kentut). Reaksi-reaksi awal seperti ini adalah tanda yang baik berkaitan dengan pembuangan racun. Air masuk hingga ke dalam sel-sel tubuh, mengeluarkan limbah racun dan asam yang sudah terakumulasi lama di dalam tubuh. Reaksi ini berlangsung beberapa hari atau beberapa minggu (tergantung kondisi tubuh seseorang).

 

Kenapa saat saya minum Kangen Water® saya merasa biasa saja, sedangkan keluarga saya ada yang merasa pusing ataupun sering buang air kecil?

Reaksi tiap orang memang berbeda-beda, ada yang mengalami reaksi detoksifikasi saat pertama kali minum Kangen Water®. Hal ini terjadi karena tubuh mereka selama ini terlalu asam (over acidity), karenanya Kangen Water pertama kali akan bekerja mendetoksifikasi (mengeluarkan racun) terlebih dahulu. Sehingga ada reaksi yang muncul. Reaksi yang muncul berbeda-beda karena tergantung dari kondisi tubuh seseorang. Jika Anda mengalami reaksi detoksifikasi, jangan hentikan minum Kangen Water®, karena ini adalah pertanda baik, yaitu tubuh Anda sedang dibersihkan dari racun dan kelebihan asam. Yang harus Anda lakukan adalah mengurangi jumlah minum Kangen Water® sampai setengahnya dan minum level terendah (pH 8.5) terlebih dahulu. Selama 3-4 hari sampai seminggu, tubuh Anda mulai bersih dan dapat beradaptasi. Anda akan merasakan sendiri perbedaan saat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan segar, setelah semua racun dan limbah asam dibuang perlahan-lahan keluar tubuh dengan rutin minum Kangen Water® setiap hari. Ada beberapa orang yang bahkan langsung merasakan hasilnya dalam 2-3 hari setelah minum Kangen Water®, di mana sakit mereka berkurang dan megalami pemulihan dengan cepat.

 

Saya tadinya minum Kangen Water® pH 8.5 biasa saja, namun saat saya konsumsi yang pH 9 mengapa merasa kurang enak badan?

Kemungkinan tubuh Anda belum menyesuaikan diri. Setiap kali Anda naik ke pH yang lebih tinggi, jika Anda merasa kurang enak badan, kembalilah ke level sebelumnya, dan coba minum selama beberpa hari atau seminggu kemudian baru naik ke pH yang lebih tinggi. Tubuh Anda perlu menyesuaikan diri perlahan, dan setiap individu berbeda. Ada yang cepat, ada yang lambat. Tidak masalah, karena ini bukan pertandingan. Yang penting adalah Anda merasa nyaman saat melalui prosesnya. Jika tubuh Anda terlalu asam, kemungkinan proses yang harus dilalui perlahan agar detoksifikasi berjalan lancar.

 

Kapan waktu yang baik untuk minum Kangen Water® ?

Yaitu setelah bangun tidur (saat perut kosong / minimal 30 menit sebelum sarapan), setiap jam sepanjang hari, sebelum tidur malam (volume setiap kali minum adalah bebas). Minimal 3 liter per hari.

 

Bagaimana cara minum Kangen Water® sebelum makan dan setelah makan?

Penting untuk dipahami bahwa saluran pencernaan kita membutuhkan suasana asam untuk mencerna makanan secara optimal. Enzim Ptyalin (kelenjar ludah), HCL (asam lambung), amilase, lipase, tripsyn memerlukan suasana asam untuk bekerja optimal memecah karbohidrat, lemak dan protein agar dapat diserap oleh tubuh. Karena itu sebaiknya tidak minum Kangen Water® 30 menit sebelum makan sampai dengan 1 jam setelah makan.

 

Berapa banyak sebaiknya Kangen Water® dikonsumsi dalam sehari?

Sama seperti air minum biasa, diminum minimal 8 gelas per hari. Jika Anda tidak terbiasa minum air putih dalam jumlah banyak, mulai minum 3-4 gelas Kangen Water® per hari, dan secara bertahap ditingkatkan hingga 8-12 gelas per hari. Untuk terapi penyembuhan, sebaiknya minum lebih dari 3 liter per hari (12-15 gelas per hari).

 

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk merasakan khasiat Kangen Water® ?

Setiap orang berbeda-beda respon tubuhnya, bervariasi satu sama lain reaksinya. Khasiatnya bisa dirasakan semenjak pertama kali minum ataupun perlu waktu beberapa minggu.

 

Apakah anak usia 0-3 tahun (bayi) boleh minum Kangen Water®?

TIDAK DISARANKAN. Karena saluran intestine (usus halus) belum seperti orang dewasa. Jika masih menyusui (ASI), cukup ibunya yang minum Kangen Water®. Sedangkan si anak minum pH 7 (Neutral Water) dari Mesin Kangen Water® (lebih baik daripada air biasa) karena bersih, bebas dari kontaminasi kotoran, kimia, klorin.

 

Apakah anak usia 4-12 tahun boleh minum Kangen Water®?

YA. Disarankan minum. Karena mereka sudah makan makanan seperti orang dewasa (seperti nasi).

 

Bolehkah ibu hamil minum Kangen Water®?

BOLEH. Karena sangat baik untuk kesehatan ibu dan bayi. Selama masa kehamilan, Ibu hamil akan kehilangan sebagian besar mineral bersifat basa, karena mineral itu diserap oleh janin melalui tali pusar untuk menetralisir limbah asam yang dihasilkan oleh janin. Akibatnya adalah darah tiba-tiba menjadi asam, sehingga menyebabkan ibu hamil merasa mual dan ingin muntah (terutama di pagi hari). Selain itu, ibu hamil juga rentan kehilangan mineral Kalsium dikarenakan Kalsium itu banyak diserap oleh janin untuk tumbuh kembang janin. Dengan minum Kangen Water® yang bersifat basa alami dan mengandung mineral-mineral penting seperti Kalsium dan Magnesium, kesehatan ibu hamil dan kesehatan janin tetap optimal selama masa kehamilan ini.

 

Bolehkah hewan peliharaan minum Kangen Water®?

BOLEH. Kangen Water® menyehatkan manusia, juga menyehatkan hewan peliharaan Anda. Hewan akan lebih sehat, berenergi, mata lebih cerah, bulu lebih tebal, tulang dan persendian menjadi lebih baik. Di Jepang, petani memberikan Kangen Water® untuk sapinya. Hasilnya adalah produksi susu sapi itu meningkat 20%, di mana pada umumnya produksi susu biasanya menurun pada musim panas.

 

Apakah Strong Kangen Water® boleh diminum?

Tidak disarankan untuk konsumsi harian, karena pH nya terlalu tinggi (pH 11.5). Tidak semua orang mampu beradaptasi dengan pH yang terlalu tinggi. Cukup minum Kangen Water® pH 9.5 secara rutin.

 

Dapatkah saya menggunakan Kangen Water® untuk minum obat?

TIDAK. Tidak diperkenankan minum Kangen Water® minimal 1 jam setelah minum obat. Karena Kangen Water® mengandung antioksidan dan sangat cepat diserap oleh sel tubuh. Jika minum obat dengan Kangen Water®, maka antioksidan akan menetralkan obat, dan obat akan sangat cepat diserap oleh tubuh. Untuk minum obat disarankan pH 7 (Neutral Water). Karena obat sebaiknya memasuki sel tubuh dalam tingkat penyerapan yang tidak terlalu cepat.

 

Bagaimana cara menyimpan Kangen Water® ?

Karena mesin dirancang untuk pemakaian rumah tangga, air Kangen Water® yang terbaik adalah yang betul-betul fresh from the machine (baru keluar dari mesin). Bisa dicirikan dengan adanya gelembung-gelembung hidrogen dalam air yang terlihat suka menempel di dinding botol.

Kangen Water® yang dihasilkan dari proses elektrolisis, secara perlahan akan kembali ke bentuk dan unsur asalnya dalam kurun waktu tertentu. Antioksidan berkurang drastis dalam waktu 18-24 jam. Kemudian pH akan kembali normal menjadi pH 7 dalam waktu 3 minggu. Dan micro-cluster mampu bertahan sekitar 1-3 bulan. Hal tersebut bisa dicegah dengan menyimpan air di dalam botol aluminium, kedap cahaya dan kedap udara.

 

Bolehkah Kangen Water® dipanaskan atau didinginkan?

BOLEH. Jika Anda menyukai dingin, Anda boleh menyimpannya dalam kulkas, jika Anda menyukai air hangat, Anda boleh memasaknya. Hanya saja kondisi terbaiknya adalah pada suhu ruang. Yang harus diingat adalah, antioksidan cepat berkurang setelah keluar dari Mesin.

 

Apakah Kangen Water® baik diminum oleh atlet?

Hidrasi yang baik sangat dibutuhkan untuk mempertahankan respon fisiologis tubuh dalam semua aktivitas atlet, stres fisik dan mental para atlet selama latihan dan kompetisi. Banyak penelitian sejak tahun 1940 bahwa dehidrasi ringan sekalipun dapat menurunkan performa atlet. Kangen Water® dengan molekul hidrogen, micro-cluster, bersifat basa alami, mampu menghidrasi sel tubuh dengan cepat, meningkatkan suplai oksigen den nutrisi ke dalam jaringan, meningkatkan stamina dan daya tahan fisik, dan mampu menetralisir asam laktat (penyebab pegal, kram, dan tegang otot) yang menumpuk dalam otot, dan mempercepat waktu pemulihan.

 

Dapatkah seseorang mengalami alkalosis akibat konsumsi Kangen Water® ?

TIDAK. Beberapa orang bahkan dapat mengonsumsi hingga 4 liter per hari dan mendapatkan manfaat baik untuk kesehatan. Tubuh kita memiliki sistem pertahanan yang akan menjaga pH darah dalam keadaan seimbang di pH 7.3-7.4. Sebaliknya, ketidakseimbangan yang sering terjadi adalah akibat tubuh terlalu asam (inilah yang menjadi sumber penyakit). Untuk mengoptimalkan kesehatan, disarankan mengonsumsi Kangen Water® dan makanan bersifat basa (sayur dan buah).

 

Bagaimana kita tahu bahwa seseorang mengalami ketidakseimbangan pH tubuh?

Beberapa gejala yang bisa kita amati saat tubuh seseorang terlalu asam adalah munculnya bercak/ruam merah di kulit, jerawat, lingkaran gelap di bawah mata, kulit dan kuku kering, rambut patah-patah, kelebihan berat badan. Gejala lain seperti adanya gangguan pencernaan, gelisah, sensitif, pemarah, mudah tersinggung, mudah alergi / sensitif terhadap makanan, sering mengalami infeksi berulang, lemas, bahkan tanda-tanda depresi.

 

Apakah ada orang yang tidak diperbolehkan minum Kangen Water® ?

TIDAK. Hanya saja ada orang-orang tertentu yang harus memulai minum dengan jumlah yang sangat sedikit 1-2 gelas per hari (pH 8.5). Terutama pada orang lansia yang racunnya telah terakumulasi dalam tubuh dalam jangka waktu yang sangat lama.

Pertanyaan Teknis

 

Berapa lama Mesin Enagic® Kangen Water® bisa dipakai?

Dilihat dari plat elektroda titanium yang besar, tebal, dan aman, sesuai dengan standar kedokteran, serta telah dilapisi oleh platinum (sudah anti karat), Mesin Enagic® Kangen Water® ini rata-rata dapat dipakai 15 – 25 tahun (dibandingkan dengan merek lain yang paling lama hanya sampai 3 tahun).

 

Bagaimana cara kerja Mesin Enagic® Kangen Water®?

Mesin bekerja dengan memisahkan air bahan baku yang memiliki pH 7 (air netral) menjadi air bersifat basa alami dan air bersifat asam alami melalui proses elektrolisis tingkat tinggi pada pelat-pelat elektroda titanium berlapis platinum yang ada di bagian dalam Mesin.

 

Apa itu prosedur pembersihan Mesin?

Mineral-mineral seperti Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), dan kumpulan mineral lain yang ada di dalam air biasanya akan melekat pada pelat-pelat elektroda, di mana hal ini akan mengurangi kemampuan Mesin dalam melakukan proses elektrolisis. Untuk mengatasinya, Mesin Enagic® Kangen Water ® telah dilengkapi oleh sistem pembersihan otomatis NOTICE CLEANING (bekerja secara otomatis dalam membersihkan sisa-sisa mineral tersebut selama 20 detik saat Anda telah menghasilkan air selama 15 menit tanpa henti).

Ada cara lain yang juga dipakai untuk membersihkan ruang elektrolisis (untuk menjaga kualitas Mesin), yaitu dengan cara manual. Setiap hari ketika Mesin pertama kali menyala, hasilkan Beauty Water (pH 6) dari Mesin selama 2-3 menit.

 

Apakah dalam memproduksi air bersifat basa dan air bersifat asam selangnya hanya satu?

TIDAK. Air dengan pH 6.0 – pH 11.5 akan keluar melalui selang yang berwarna putih (atas), dan air sangat asam (pH 2.5) akan keluar dari selang yang berwarna abu-abu (bawah).

 

Berapa lama filter cartridge (filter dalam Mesin) bertahan?

Setiap filter cartridge mempunyai masa pakai optimal kira-kira setelah menghasilkan air sebanyak 12.000 liter. Dan rata-rata ukuran konsumsi air keluarga adalah sebanyak 15 – 25 liter setiap hari. Artinya, satu filter cartridge akan bertahan antara 16 – 26 bulan.

 

Sumber air seperti apa yang cocok digunakan sebagai air bahan baku Kangen Water®?

Air dengan pH 7 dan mengandung mineral. Di negara maju seperti Singapura, Amerika, Jepang, dll, di mana air dari ledeng sudah boleh langsung diminum, Mesin Enagic® Kangen Water ® bisa dihubungkan dengan keran dari air ledeng tersebut.

Berbeda dengan di Indonesia, di mana air ledeng belum boleh langsung diminum, maka kita harus membeli prefilter tambahan untuk menyaring air dari keran agar layak minum dan layak untuk masuk ke dalam Mesin. Prefilter tambahan ini dijual terpisah dan terdiri dari 3 jenis yaitu filter ion, KDF dan antibacteria.

Sebagai informasi, air PAM di tiap kota di Indonesia berbeda-beda kualitasnya. Jika air PAM Anda sangat tidak memenuhi syarat (air terlalu kotor, keruh atau berbau), untuk lebih aman kami menyarankan Anda menggunakan air galon mineral atau air mineral isi ulang yang bersih sebagai air bahan baku agar air yang masuk ke dalam Mesin menjadi lebih aman dan tidak memberatkan kinerja Mesin, serta dapat menghasilkan Kangen Water ® yang benar-benar maksimal untuk kesehatan Anda.

Untuk Anda yang menggunakan air mineral galon sebagai air bahan baku, dibutuhkan alat tambahan khusus berupa generator mini untuk menyedot air dari galon dan mendorong air tersebut masuk ke dalam Mesin. Alat tersebut bernama FLOJET.

 

Bolehkah menggunakan air RO (Reverse Osmosis) atau Distilled Water (Air Suling) sebagai air bahan baku?

Mesin Enagic® Kangen Water ® tidak bisa menggunakan air RO atau air suling, karena kedua air tersebut tidak mengandung mineral. Mineral-mineral yang biasanya terkandung dalam air telah “diangkat” melalui proses RO/Distilasi sehingga menjadikan air itu “KOSONG” dan menjadi bersifat ASAM (jika diuji pH nya berkisar antara 5-6).

Mesin Enagic® Kangen Water ® sendiri sangat membutuhkan ion-ion mineral yang ada di dalam air untuk melakukan proses elektrolisis. Jadi hanya air yang mengandung mineral saja yang bisa dijadikan air bahan baku untuk Mesin.

 

Bolehkah menggunakan air sumur / air tanah sebagai air bahan baku?

Tergantung lokasi dan kualitas air sumur Anda. Jika air sumur Anda tergolong bersih, maka bisa saja digunakan sebagai air bahan baku. Air sumur memang mengandung mineral, tetapi masalahnya adalah air ini masih mengandung “Karbondioksida Bebas” sehingga ketika diuji pH nya biasanya bersifat asam (kisaran 3-6).

Jika digunakan sebagai air bahan baku, air yang dihasilkan oleh Mesin Enagic® Kangen Water ® hasilnya tidak sesuai atau tidak tepat seperti yang seharusnya (pH air OUTPUT menjadi lebih rendah dari yang seharusnya). Dan hal tersebut memberatkan kinerja Mesin.

Tidak semua air sumur bersifat asam, ada juga daerah-daerah tertentu yang memiliki kualitas air sumur yang baik dan memiliki pH netral sehingga cocok untuk digunakan sebagai air bahan baku (biasanya daerah yang masih asri, jauh dari pencemaran lingkungan).

Jika Anda menggunakan air sumur/air tanah sebagai air bahan baku, disarankan agar sebelum air tersebut masuk ke dalam Mesin, Anda harus memasang FILTER TAMBAHAN agar bakteri, logam-logam, kontaminan yang berasal dari tanah tersaring sehingga air bahan baku menjadi bersih. Agar nantinya tidak memberatkan kinerja filter yang ada di dalam Mesin Enagic® Kangen Water ®, dan air yang dihasilkan optimal.

 

Apakah ada pilihan untuk menghasilkan air yang panas?

TIDAK. Air yang dihasilkan dari Mesin Kangen Water ® adalah air dengan suhu ruang. Tidak boleh memasukkan air panas atau air dingin ke dalam Mesin Kangen Water®.

 

Perawatan apa saja yang harus saya lakukan pada Mesin Enagic® Kangen Water®?

Perawatan rutin adalah dengan melakukan prosedur E-Cleaning setiap 1 bulan sekali. Hal ini untuk menjaga kualitas pelat elektroda agar tetap bersih dari deposit mineral yang menumpuk. Jika hal ini tidak dilakukan, maka akan menggangu proses elektrolisis. Cara melakukan E-Cleaning ada dijelaskan dalam buku panduan yang disertakan saat Anda membeli Mesin Enagic® Kangen Water ®.

 

Mengapa setelah beberapa waktu pemakaian Mesin Enagic® Kangen Water®, pada saat memproduksi air Kangen Water® ada deposit berwarna putih pada air yang dihasilkan?

Deposit putih itu adalah mineral Kalsium yang tidak berbahaya jika terminum. Deposit mineral Kalsium itu menumpuk di dalam pelat elektroda jika Anda tidak rajin melakukan E-Cleaning. Jika terjadi deposit mineral Kalsium, segera lakukan E-Cleaning untuk menjaga kebersihan pelat elektroda.

 

Mengapa harga Mesin Enagic® Kangen Water® mahal sekali? Saya dengar ada mesin ionisasi air merek lain yaitu buatan Amerika atau China atau Korea atau Taiwan yang jauh lebih murah.

Jika Anda mementingkan daya tahan, kualitas, mutu, dan keamanan, maka Anda akan paham mengapa Mesin Enagic® Kangen Water ® adalah PILIHAN TERBAIK. Ada harga, ada kualitas.

Mesin Enagic® Kangen Water ® sudah diakui oleh berbagai asosiasi kesehatan internasional, diakui oleh kalangan dokter-dokter internasional, telah menerima berbagai penghargaan terbaik atas kualitas mutu Mesin dan air yang dihasilkan, telah disertifikasi ISO 13485 (Standar Internasional Untuk Alat Medis), dan telah mendapatkan izin edar sebagai Alat Medis oleh Kementerian Kesehatan Indonesia. Jadi Mesin Enagic® Kangen Water ® bukan mesin air biasa, melainkan Alat Medis.

Perusahaan Enagic® hanya menggunakan bahan-bahan dengan kualitas terbaik. Kangen Water ® telah tersebar ke seluruh dunia, bahkan sebelum kantor cabangnya berdiri di Negara itu. Hal ini sebagai bukti bahwa Kangen Water ® memiliki kualitas yang terbaik, dan perusahaan Enagic® adalah perusahaan yang serius dan berkualitas. Sekarang, Enagic® telah memiliki kantor cabang di berbagai Negara di seluruh dunia. Produknya telah digunakan oleh dokter, praktisi kesehatan, artis, maupun orang-orang penting, dan telah direview oleh lembaga-lembaga non profit. Dan hasilnya adalah Enagic® menerima banyak penghargaan tertinggi akan kualitas Mesin. Salah satunya yaitu Enagic® adalah satu-satunya perusahaan yang mendapat penghargaan GOLD SEAL CERTIFICATION (Sertifikasi Segel Emas) dari WQA (Water Quality Association), sebuah lembaga nonprofit dunia yang bergerak dalam bidang air berkualitas.

Jadi jika Anda ingin berinvestasi untuk produk kesehatan dan jangka panjang, sudah pasti Anda akan memilih produk terbaik bukan?