Kangen Water ®  Menurut Dokter dan Ahli Nutrisi

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

Dr. Hiromi Shinya

Dokter Hiromi Shinya - www.kangenairkesehatan.com

Dr. Hiromi Shinya, M.D. “Saya telah memeriksa perut dan usus lebih dari 300.000 orang selama 35 tahun dan saya menyadari bahwa kesehatan kita sangat tergantung pada pola diet kita”. “Hal ini secara luas diakui dalam dunia medis bahwa usus yang sehat dan bersih adalah salah satu prekursor paling penting untuk kesehatan yang baik dan bahwa sebagian besar penyakit pada tubuh berasal dari usus yang asam dan kotor. Air sangat penting untuk kesehatan Anda. Minumlah ‘air yang baik’, terutama air yang mengandung kalsium dan magnesium sehingga dapat membuat tubuh Anda berada pada pH basa yang optimal”. “Kangen Water® adalah air yang kaya akan basa (pH 8-9.5), dan air ini dianggap sebagai air minum terbaik karena kekuatannya yang tidak tertandingi dalam hal hidrasi, detoksifikasi, dan anti-oksidasi (antioksidan)”.

~ Dr. Hiromi Shinya, Dokter Spesialis Bedah dan Spesialis Pencernaan yang terkemuka.

Siapakah Dr. Hiromi Shinya, M.D. adalah Profesor Klinik Bedah di Albert Einstein Collage of Medicine dan Kepala Unit Endoskopi dari Beth Israel Hospital di New York, serta penasihat untuk Maeda Hospital dan Hanzomon Gastrointestinal Clinic di Jepang. Dr. Shinya berasal dari Jepang, dan telah menerima pendidikan medis di Jepang dan di Amerika Serikat. Dia adalah dokter yang paling terkenal di Jepang, dan merawat anggota keluarga kerajaan Jepang dan pejabat tinggi pemerintah Jepang. Dia juga membuka praktek di Amerika Serikat dan pasiennya termasuk anggota selebritis dan Presiden Amerika. Dia adalah Wakil Ketua Japanese Medical Association (Asosiasi Medis Jepang) di Amerika Serikat, dan banyak diminati sebagai pembicara internasional. Shinya, M.D. dikenal sebagai pengembang di bidang bedah colonoscopic (Teknik Shinya). Dia adalah orang pertama yang melakukan operasi non-invasif usus besar. Dengan menggunakan penemuannya sendiri (yang disebut kolonoskop), ia menemukan kemampuan untuk memeriksa dan membedah usus besar tanpa sayatan perut. Dalam bukunya The Enzyme, yang telah terjual dua juta kopi di Jepang, ia memuji kebaikan minum air terionisasi bersifat basa alami, khususnya Kangen Water ® yang hanya diproduksi oleh perangkat dari perusahaan Enagic®. Dr. Shinya menganjurkan semua pasiennya untuk minum Kangen Water® sebagai bagian dari diet setiap hari.

Dr. Horst Filtzer

Dokter Horst Filtzer - www.kangenairkesehatan.com

Dr. Horst Filtzer, M.D. “Ketika saya pertama kali minum Kangen Water® saya mengalami sesuatu yang belum pernah saya alami sebelumnya, saya menyukainya, saya sangat menyukainya! Saat saya meneliti produk ini; meneliti konsep air terionisasi, dan meneliti konsep alkalisasi dari sel-sel tubuh, saya menjadi semakin yakin bahwa Kangen Water ® adalah produk yang bernilai mutlak untuk seluruh umat manusia. Bahwa Kangen Water® adalah produk yang harus digunakan dalam semua rumah tangga jika memungkinkan, karena Kangen Water ® jelas lebih unggul daripada bentuk air lainnya yang pernah saya temui”. “Secara pribadi, saya bisa bersaksi bahwa tidak ada pertanyaan, karena hidup saya sendiri telah sangat nyata diperkaya dengan mengonsumsi Kangen Water®. Saya mendukung Kangen Water ® sebagai dokter, juga sebagai dokter bedah, dan juga sebagai manusia, 100%. Saya merasakan bahwa Kangen Water® sangat memiliki manfaat yang besar bagi seluruh umat manusia. Saya hanya bisa merekomendasikan Kangen Water® dengan cara yang tertinggi”.

~ Dr. Horst Filtzer, Dokter Spesialis Bedah Vaskular (Dokter Spesialis Bedah Pembuluh Darah).

Siapakah Dr. Horst Filtzer, M.D. Lulusan dari Harvard Medical School, lulus dengan predikat cum laude, ia adalah Dokter Spesialis Bedah Vaskular (Dokter Spesialis Bedah Pembuluh Darah). Horst memiliki 35 tahun aktif praktek bedah (dalam Bedah Umum dan Bedah Vaskular) di Rumah Sakit Cambridge City dalam kapasitas sebagai Asisten Direktur, Ketua Departemen, dan Direktur Program. Ia juga seorang Direktur di The Wound Care Center di Western Arizona Regional Medical Center, Bullhead City, AZ.

Dr. Corinne Allen

Dokter Corinne Allen - www.kangenairkesehatan.com

Dr. Corinne Allen “Peradangan otak dapat terjadi dari banyak penyebab, termasuk: Cedera kepala, kelahiran prematur, kekurangan oksigen dan berbagai infeksi. Peradangan yang dihasilkan tersebut dapat menyebabkan disfungsi dalam kemampuan tubuh untuk detoksifikasi zat-zat berbahaya. Mereka juga dapat memperlihatkan mitokondria yang memiliki keluaran energi rendah dan generasi tinggi akan radikal bebas. Seringkali mereka dengan tantangan otak, seperti pada penderita Autis dan Aspergers, yang hampir tidak mau minum setiap harinya, sehingga mengalami dehidrasi dan hanya menonjolkan masalah dalam fungsi otak. Pada penderita Autis dan lain-lain di mana memiliki peradangan otak yang tinggi, racun dapat lebih mudah melintasi darah dalam otak, dan kemudian membanjiri otak dengan radikal bebas. Kangen Water ® menyediakan antioksidan tinggi untuk menetralkan radikal bebas, dan meningkatkan hidrasi kepada klien-klien saya. Dalam program-program otak yang kami lakukan, kami mengamati bahwa secara signifikan harapan terapi kami telah melampaui apa yang kami harapkan sebelumnya, hanya dengan menambahkan Kangen Water® dalam rencana pengobatan.”

~ Dr. Corinne Allen, Dokter Spesialis Nutrisi (Dokter Spesialis Gizi).

Siapakah Dr. Corinne Allen adalah seorang peneliti internasional, praktisi kesehatan alami dan praktisi gizi. Telah melakukan praktek selama lebih dari 30 tahun. Setelah menerima gelar Doktor di bidang nutrisi, Dr. Allen melanjutkan banyak pelatihan dalam neurokinesiology dan teknik stimulasi otak. Dia diakui untuk pendekatannya yang alami dan praktis untuk kesehatan sehubungan dengan metode alami dan alternatif untuk merangsang perubahan permanen di otak dalam kasus disleksia, ADD, Autisme, sindrom Asperger, ketidakmampuan belajar, masalah akademik dan perilaku, serta cedera otak. Dia menjalankan “Advanced Learning and Development Institute”.

Dr. Dave Carpenter

Dokter David Carpenter - www.kangenairkesehatan.com

Dr. Dave Carpenter “Program ini [alkalizing] berisi cara baru dalam memandang diet dan gizi. Ketika cara ini diikuti, hal ini mengarah ke tubuh yang sehat, ramping, langsing dan meningkatan tingkat kesehatan, energi dan kejernihan mental yang kebanyakan orang belum pernah mengalami sebelumnya”. “Berdasarkan pengalaman bertahun-tahun melakukan penelitian dan pengamatan, kami telah menyimpulkan bahwa tingkat asam tubuh yang berlebih adalah penyebab dari semua penyakit. Karena banyak orang mengonsumsi makanan yang terutama terdiri dari makanan pembentuk asam (yaitu gula, daging, susu, roti, ragi, kopi, alkohol, pati/tepung, dan lain-lain), daripada makanan nabati seperti sayuran dan buah-buahan, dan karenanya mereka sering sakit dan lelah”. “Dalam pengalaman saya, Kangen Water ® memperlengkapi secara keseluruhan program nutrisi Anda lebih baik dibandingkan dengan apa pun. Air adalah kuncinya, dan ini [Enagic® Kangen Water®] adalah air terbaik yang saya tahu. Siapapun yang mencobanya akan memahami efeknya pada kesehatan mereka sendiri, tanpa pertanyaan!”

~ Dr. Dave Carpenter, Dokter Naturopathic.

Siapakah Dr. Dave Carpenter adalah anggota dari Idaho Association of Naturopathic Physicians. Saat ini ia adalah Presiden Asosiasi Praktisi Iridology Internasional (International Iridology Practitioners Association atau IIPA), telah menjabat di Dewan Direksi IIPA sejak tahun 1996 sebagai Direktur Hubungan Masyarakat dan sebagai Wakil Presiden. Dr. Dave Carpenter telah memegang lisensi/ijasah akupuntur, merupakan anggota dari International Academy of Medical Acupuncturists, dan IIPA Bersertifikat Komprehensif Iridologist (Certified Comprehensive Iridologist atau CCI). Dia juga merupakan anggota dari American Naturopathic Medical Association, anggota dari Idaho Acupuncture Association, anggota fakultas dari Intermountain Institute of Natural Health, dan lulusan Central States College of Health Sciences sebagai Dokter Naturopathic, lulusan Royal Academy of Naturopathy di Australia sebagai Dokter Naturopathic, dan lulusan dari International Academy of Medical Acupuncturists. Dr. Carpenter juga memegang gelar BS di bidang Nutrisi (Gizi).

Dr. Ray Kurzweil

Dokter Ray Kurzweil - www.kangenairkesehatan.com

Dr. Ray Kurzweil “Ada lebih banyak manfaat air bersifat basa alami dari sekedar alkalinitas atau pH. Sifat yang paling penting dari air bersifat basa alami yang dihasilkan oleh Mesin penghasil air bersifat basa alami Kangen Water® adalah Potensial Reduksi Oksidasi (ORP). Air dengan ORP negatif yang tinggi adalah nilai khusus dalam kemampuannya untuk menetralisir oksigen radikal bebas. ORP juga bisa langsung diukur menggunakan sensor ORP dan ORP meter. Kami telah melakukan percobaan ini juga. Kami menemukan bahwa air biasa yang keluar langsung dari keran memiliki nilai ORP +290 mV, sementara air yang keluar dari Mesin penghasil air bersifat basa alami Kangen Water® memiliki nilai ORP negatif yang tinggi. Semakin negatif nilai ORP suatu zat (yaitu, semakin tinggi ORP negatif), semakin besar kemungkinan untuk terlibat dalam reaksi kimia yang menyumbangkan elektron. Elektron ini segera tersedia untuk terlibat dalam reaksi yang menetralisir radikal bebas bermuatan positif. Ini adalah manfaat utama dari air yang dihasilkan oleh Mesin penghasil air bersifat basa alami Kangen Water ® yang tidak tersedia hanya dengan air yang telah memiliki beberapa bikarbonat (bicarb) atau senyawa lain yang dilarutkan di dalamnya untuk membuatnya menjadi air alkali”.

~ Dr. Ray Kurzweil, Award-winning Scientist, Inventor.

Siapakah Dr. Ray Kurzweil adalah salah satu penemu terkemuka di dunia, pemikir, dan futuris. Dia dianugerahi 19 gelar doktor kehormatan, dihormati oleh 3 Presiden Amerika Serikat dan penerima banyak penghargaan tertinggi negara untuk keunggulannya. Dia disebut “restless genius” oleh Wall Street Journal dan disebut “the ultimate thinking machine” oleh majalah Forbes, dan PBS memasukkan dia sebagai salah satu dari 16 “revolutionaries who made America” bersama dengan penemu lain dari dua abad terakhir. Majalah Time menulis, “karir eklektik Kurzweil dan kecenderungan menggabungkan ilmu pengetahuan dengan sering praktek aplikasi-kemanusiaan telah menginspirasi perbandingan dengan Thomas Edison”. Di antara sekian banyak penghargaan Kurzweil, ia adalah penerima $500.000 MIT – Lemelson Prize, yang terbesar di dunia untuk inovasi. Pada tahun 1999, ia menerima National Medal of Technology, penghargaan tertinggi negara dalam bidang teknologi, dari Presiden Clinton dalam sebuah upacara di Gedung Putih. Dan pada tahun 2002, ia dimasukkan ke dalam National Inventor’s Hall of Fame, yang didirikan oleh US Patent Office. Dia juga seorang penulis beberapa buku. Buku kedua Dr. Kurzweil pada tahun 1993, 10% Solusi untuk Hidup Sehat (The 10% Solution for a Healthy Life), Cara Hilangkan Hampir Semua Risiko Penyakit Jantung dan Kanker (How to Eliminate Virtually All Risk of Heart Disease and Cancer), diterbitkan oleh Crown Publishers.

Dr. Stefan Kuprowsky

Dokter Stefan Kuprowsky - www.kangenairkesehatan.com

Dr. Stefan Kuprowsky “Limbah asam terbentuk dalam tubuh, yaitu dalam bentuk kolesterol, batu empedu, batu ginjal, plak arteri, asam urat, asam fosfat dan asam sulfat. Produk-produk limbah asam tersebut adalah penyebab langsung dari penuaan dini dan timbulnya penyakit kronis”. “Saya percaya bahwa air terbaik adalah air yang bersifat basa alami (diionisasi) dan dimurnikan menggunakan perangkat kecil yang dikenal sebagai water ionizer Kangen Water ®“.

~ Dr. Stefan Kuprowsky, Dokter Naturopathic.

Siapakah Dr. Stefan Kuprowsky adalah seorang Dokter Naturopathic dari Canada dengan kemampuan akademis mengesankan dan visi yang kuat untuk pengobatan alami. Beliau meraih gelar Sarjana Antropologi Biologi dari Trent University (1977), meraih gelar Master Antropologi Medis (1982) dan meraih gelar Doktor Naturopathic Medicine (1985). Ia telah menjalankan praktek lebih dari 20 tahun sebagai Dokter Naturopathic serta sebagai konsultan, penulis, dosen, penyiar radio dan guru dalam industri kesehatan alami. Dia telah menjabat sebagai Presiden di BC Naturopathic Association (Asosiasi Naturopathic BC) dan saat ini menjadi anggota Dewan Tinggi BC sebagai Ketua Komite Penjaminan Mutu. Dia juga seorang profesor di Boucher Institute Of Naturopathic Medicine di New Westminster. Dr. Kuprowsky telah mempelajari pengobatan “pikiran-tubuh” dengan Deepak Chopra dan merupakan seorang instruktur bersertifikat untuk program Dr. Chopra’s Creative Health. Saat ini Beliau praktek di Vancouver Naturopathic Clinic.

Dr. Lester Packer

Dokter Lester Packer - www.kangenairkesehatan.com

Dr. Lester Packer “Para ilmuwan sekarang yakin bahwa radikal bebas adalah faktor penyebab hampir semua penyakit yang dikenal”. “Mengonsumsi jenis air yang tepat sangat penting untuk detoksifikasi produk limbah asam tubuh, dan ini merupakan salah satu perawatan kesehatan paling kuat yang tersedia. Kami merekomendasikan Anda untuk minum air terionisasi bersifat basa alami Kangen Water ® 8-10 gelas per hari. Ini adalah salah satu cara yang paling sederhana dan paling kuat yang dapat Anda lakukan untuk memerangi berbagai proses penyakit. Sangat menarik untuk dicatat bahwa di Jepang, tim olahraga profesional minum air terionisasi bersifat basa alami Kangen Water® untuk meningkatkan kinerja mereka. Hal ini juga telah diketahui bahwa banyak penyakit kronis diakibatkan oleh kelebihan asam dalam tubuh (asidosis metabolik). Kita juga tahu bahwa tubuh cenderung menjadi lebih asam karena kebiasaan pola makan modern, gaya hidup dan proses penuaan itu sendiri. Dengan minum air terionisasi bersifat basa alami Kangen Water ® yang memiliki ORP negatif yang tinggi, Anda dapat melawan asidosis metabolik dan meningkatkan penyerapan nutrisi”.

~ Dr. Lester Packer, Ilmuwan Senior di laboratorium Lawrence Berkeley, Ilmuwan peneliti antioksidan yang terkemuka di dunia.

Siapakah Dr. Lester Packer Adalah seorang ilmuwan peneliti antioksidan yang terkemuka di dunia. Dia adalah Ilmuwan Senior di laboratorium bergengsi Lawrence Berkeley, dan seorang Kepala di Packer Lab di University of California, di mana ia telah menjadi profesor selama 35 tahun. Dr. Packer adalah editor eksekutif dari Archives of Biochemistry and Biophysics, dan betugas di dewan penasehat editorial dari Free Radical Biology and Medicine, The Journal of Applied Nutrition, dan The Journal of Optimal Nutrition. Dia adalah anggota dari delapan organisasi profesional dan Presiden dari International Society for Free Radical Research, dan Wakil Presiden dari UNESCO’s Global Network of Molecular and Cell Biology. Dr. Packer telah menerbitkan lebih dari 700 makalah ilmiah dan 70 buku tentang setiap aspek dari antioksidan dan kesehatan.

Dr. Hidemitsu Hayashi

Dokter Hidemitsu Hayashi - www.kangenairkesehatan.com

Dr. Hidemitsu Hayashi, M.D. “Perangkat untuk memproduksi air terionisasi bersifat basa alami Kangen Water® melalui proses elektrolisis diperkenalkan ke klinik kami pada bulan Mei 1985. Berdasarkan pengalaman klinis yang diperoleh dalam 15 tahun terakhir, dapat dikatakan bahwa pengenalan air terionisasi bersifat basa secara alami (menggunakan H-01 Active Hydrogen Generator) atau elektrolisis-air terionisasi bersifat basa alami Kangen Water ® untuk tujuan minum dan memasak untuk pasien rawat inap merupakan syarat yang harus dijalani dalam praktek medis kami sehari-hari. Hal ini karena setiap resep diet tidak bisa menjadi satu ilmiah jika properti air yang diminum oleh pasien tidak diperhatikan”. “Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan di Jepang mengumumkan pada tahun 1965 bahwa asupan air terionisasi bersifat basa alami Kangen Water® efektif untuk pemulihan metabolisme flora usus”.

PERBAIKAN KLINIS YANG DIPEROLEH DARI MINUM AIR TERIONISASI BERSIFAT BASA ALAMI, oleh HAYASHI Hidemitsu, M.D., Water Institute, & KAWAMURA, Munenori, M.D., Kyowa Medical Clinic, (1985-2000) (17)

1 . Perbaikan glukosa darah dan kadar HbAIC pada diabetes mellitus.

2 . Perbaikan sirkulasi perifer pada gangren diabetes.

3 . Perbaikan kadar asam urat pada penyakit gout.

4 . Perbaikan fungsi hati pada penyakit hati, sirosis hati, hepatitis.

5 . Perbaikan pada ulkus lambung dan pencegahan kekambuhannya.

6 . Perbaikan kadar kolesterol, perbaikan pada hipertensi, perbaikan pada angina, perbaikan pada serangan jantung (Myocardial infarction).

7 . Perbaikan pada kelainan hipersensitif, dermatitis atopik, asma, urtikaria.

8 . Perbaikan pada kelainan autoimun, rematik, penyakit kolagen, SLE.

9 . Perbaikan pada penyakit tertentu, seperti sindrom Behcet, penyakit Crohn, kolitis ulseratif (ulcerative colitis), penyakit Kawasaki.

10 . Perbaikan pada tumor ganas hati; hepatoma, tumor metastasis.

11 . Perbaikan pada malaise umum, sembelit kronis dan diare; serta diare persisten yang terjadi setelah reseksi lambung.

12 . Perbaikan pada dehidrasi bayi dengan muntah dan diare yang disebabkan oleh infeksi virus.

13 . Perbaikan pada hiperbilirubinemia pada bayi baru lahir.

14 . Pengalaman pada ibu hamil yang meminum air terionisasi bersifat basa alami selama kehamilan mereka; hampir tidak mengalami muntah-muntah, proses kelahiran lancar, sedikit sekali terjadi sakit kuning, cukup laktasi (pengeluaran air susu ibu), pertumbuhan yang lancar dan memuaskan dari bayi yang baru lahir.

~ Dr. Hidemitsu Hayashi, Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular, Direktur dari Water Institute of Japan.

Siapakah Dr. Hidemitsu Hayashi, M.D. lahir pada tahun 1938. Ia praktek kedokteran dan spesialis dalam Bedah Kardiovaskular setelah lulus pada tahun 1968 dari Medical School of Kobe University, di Jepang. Dia juga belajar di University of Munich (1970-1971). Spesialis dalam bidang Kedokteran Kardiovaskular. Pada tahun 1985, setelah 20 tahun pengalaman klinis sebagai dokter bedah, ia mulai penelitian lanjutan tentang manfaat kesehatan dari air. Pada tahun 1995 ia secara bersamaan mengeluarkan teorinya di Jepang dan Amerika Serikat. Teorinya yaitu tentang efek air yang kaya hidrogen dalam mencegah dan mengobati penyakit. Dr. Hidemitsu Hayashi adalah seorang peneliti dan seorang Advokat “Air yang kaya Hidrogen”, dan juga seorang Direktur dari Water Institute of Japan di Tokyo.

Dr. Mu Shik Jhon

Dokter Mu Shik Jhon - www.kangenairkesehatan.com

Dr. Mu Shik Jhon “Air terionisasi bersifat basa alami dan heksagonal yang dihasilkan dari proses elektrolisis – terdiri dari molekul air yang kecil (micro-cluster) atau cluster berbentuk cincin – Bergerak dengan mudah dalam matriks sel di dalam tubuh, membantu penyerapan nutrisi dan pembuangan limbah tubuh. Sehingga dapat membantu proses metabolisme, mendukung sistem kekebalan tubuh, memberikan kontribusi untuk vitalitas abadi dan bertindak sebagai pembawa oksigen terlarut. Hal ini dapat memberikan mineral bersifat basa untuk tubuh dan sangat membantu dalam pembuangan limbah asam. Minum air terionisasi bersifat basa alami dan heksagonal membawa kita ke arah kesehatan, mendukung umur yang panjang dan bebas dari penyakit. Organisme biologis lebih memilih air terionisasi bersifat basa alami dan heksagonal”. “Air terionisasi bersifat basa alami memiliki bentuk heksagonal dan membawa kelimpahan ion hidroksil (OH-). Sehingga memberikan elektron ekstra yang dapat menetralisir radikal bebas yang merusak, yang beredar di seluruh tubuh. Air terionisasi bersifat basa alami membawa ORP negatif yang tinggi (Potensial Reduksi Oksidasi) ketika pertama kali keluar dari Mesin Kangen Water®, menjadikannya antioksidan yang kuat”. “Ketika diminum, air terionisasi bersifat basa alami dengan potensial redoks atau nilai ORP mulai dari -250 sampai -350 siap menyumbangkan elektron untuk radikal oksigen eksentrik, dan memblokir interaksi dari oksigen aktif dengan molekul normal”. “Air memiliki kemampuan untuk menarik dan mengumpulkan bio-energi. Air juga menyimpan memori energi dari getaran berbahaya atau getaran bermanfaat untuk semua yang terkena di masa lalu. Air keran sudah diklorinasi (mematikan kuman dengan khlor) sehingga sudah tercemar dengan bahan kimia non-biologis dan jejak energi negatif. Air keran juga tidak mengandung bio-energi, sehingga dapat dianggap sudah tercemar serta ‘mati’. Air terionisasi bersifat basa alami Kangen Water ® dianggap ‘hidup’ karena meningkatnya jumlah penerapan dari praktisi profesional kesehatan sebagai air terbaik untuk air minum dan terdaftar sebagai perangkat medis di Jepang untuk pengobatan penyakit-penyakit degeneratif”. “Hipotesis saya lahir dari studi observasi klinis di klinik kami. Sejak bulan Mei 1985, kami telah mengkonfirmasikan ribuan perbaikan klinis diperoleh hanya dengan mengganti air minum (serta air masak) dari air keran menjadi air terionisasi bersifat basa alami Kangen Water®“.

~ Dr. Mu Shik Jhon, Chemist (Ahli Kimia), Presiden dan Pendiri Asosiasi Akademi Sains di Asia (Founding president of the Association of Academies of Sciences in Asia).

Siapakah Dr. Mu Shik Jhon Presiden Kehormatan dan Pendiri Asosiasi Akademi Sains di Asia (Association of Academies of Sciences in Asia / AASA ) dan Mantan Presiden Akademi Sains dan Teknologi Korea (Korean Academy of Science and Technology / KAST), beliau lahir pada tahun 1932 di Taegu, Korea, dan menerima gelar BS dan MS dari Departemen Kimia, Seoul National University pada tahun 1954 dan 1958. Kemudian ia pindah ke Amerika Serikat untuk melanjutkan studi doktor di Departemen Kimia, University of Utah. Dia menerima gelar Ph.D. pada tahun 1966 dan menjadi asisten profesor di University of Virginia. Tiga tahun kemudian, Prof. Jhon kembali ke negara ibunya, Korea, untuk menjadi kepala dari Liquid State Chemistry Research Laboratory di Korean Institute of Science and Technology (KIST) pada tahun 1969. Kemudian ia bergabung dengan Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) sebagai anggota khusus pada tahun 1971. Prof. Jhon adalah seorang rekan asing dari National Academy of Sciences, India, dan Pakistan Academy of Sciences, seorang akademisi asing dari Russian Academy of Science dan seorang rekan dari European Academy of Arts, Sciences & Humanities. Dia telah menerbitkan lebih dari 280 makalah dan menghasilkan banyak sarjana unggul termasuk sekitar 50 orang Ph.D. Dia menjabat sebagai Presiden dari KAST, Presiden dan Pendiri AASA, Presiden dan Pendiri Korean Association for the Advancement of Sciences dan Ketua Dewan Research Institute of Bioinformatics and Molecular Design (Lembaga Penelitian Bioinformatika dan Desain Molekuler).

Dr. Peggy Parker

Dokter Peggy Parker N. D. - ww.kangenairkesehatan.com

Dr. Peggy Parker N.D. “Berbulan-bulan melakukan pengujian dan penelitian, telah membawa saya pada penemuan bahwa minum Kangen Water® adalah sarana paling efektif yang saya temukan untuk dapat dengan cepat, mudah, dan ekonomis mengurangi oksidasi seluler dan mencapai pH tubuh yang lebih basa”. “Sebagai Dokter di bidang Kedokteran Biologi, saya telah mengukur tingkat oksidasi dalam cairan tubuh selama sekitar satu dekade dengan menggunakan peralatan laboratorium yang sangat canggih yang disebut QFA (Quantitative Fluid Analysis). Berdasarkan tingkat oksidasi dalam cairan tubuh, perangkat pengukuran ini dapat menghitung usia biologis seseorang. Bagi kebanyakan orang, usia biologis ini umumnya 20-50 tahun lebih tua dari usia kronologis mereka yang sebenarnya. Karena faktanya, usia biologis kita adalah yang menentukan panjangnya hidup kita, angka tersebut cukup signifikan. Lebih dari 3 tahun pengujian dan penelitian telah membawa saya pada penemuan bahwa minum Kangen® Reduced Alkaline Water adalah sarana yang paling efektif untuk dapat dengan cepat, mudah dan ekonomis mengubah tingkat oksidasi dalam sel-sel yang pernah saya temui”. “Karena itu dapat dikatakan bahwa minum Air Kangen® memiliki potensi untuk memperlambat proses penuaan. Komponen kuat dalam hal ini adalah -ORP (Oxidation Reduction Potential) yang ada dalam air ini. Nilai ORP negatif inilah yang menyebabkan air ini dapat memperlambat oksidasi dalam tubuh kita. Ketika dinding sel tubuh kita teroksidasi, mereka menjadi lengket, dan ini menghalangi hidrasi tubuh serta menghalangi penyerapan nutrisi, sehingga mengganggu pembuangan limbah sel yang akan dikeluarkan. -ORP dapat menghilangkan oksidasi dari dinding sel dan memungkinkan untuk hidrasi yang lebih baik, serta metabolisme sel lebih baik, dan kesehatan sel secara keseluruhan juga lebih baik”.

~ Dr. Peggy Parker, Dokter Naturopathic, dan Dokter Spesialis di bidang Kedokteran Biologi.

Siapakah Dr. Parker, N.D. Spesialis Kedokteran Biologi, ia adalah Dokter Naturopathic tradisional terlatih yang tinggal di Spokane, Washington. Dia adalah seorang guru dan dosen terkenal secara internasional. Setelah menerima gelar Naturopathic, Dr. Parker melanjutkan pendidikannya dengan gelar pasca-doktoral bidang Kedokteran Biologi dari PBMN di Lustmühle, Swiss. Program intensif dua tahun ini dirancang dan dipimpin oleh dokter Swiss yang terkenal, Dr. Thomas Rau. Fokus dasar dari program ini berkisar tentang penyesuaian pH (perbandingan asam/basa dalam cairan tubuh), ORP (laju oksidasi dalam jaringan tubuh), konduktivitas mineral melintasi membran dinding sel, dan bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi kesehatan. Sebagai dokter, Dr. Parker telah dilatih untuk mengelola dan mengevaluasi tes termasuk Dark field Microscopy, Penilaian Daerah Biologis (Biological Terrain Assessment – QFA), EAV, Penyaringan Elektro-Dermal (Electro-Dermal Screening), Computer Regulation Thermography (CRT), Diagnosis Lidah dan Nadi (Tongue and Pulse Diagnosis), Sclerology, Variabilitas Denyut Jantung (Heart Rate Variablitly), Analisa Mineral pada Jaringan Rambut (Hair Tissue Mineral Analysis – HTMA), Kinesiology Terapan dan Terapi Oksigen Hiperbarik.

Shan Stratton

Shan Stratton - www.kangenairkesehatan.com

Shan Stratton Seorang konsultan gizi dalam bidang olahraga untuk NBA, NFL, MLB, PGA, LPGA, NASCAR, NHL, NY Yankees, AZ Diamondbacks, Houston Rockets, LA Dodgers, dan lain-lain. “Meskipun saya mengajarkan prinsip dan kebutuhan akan hidrasi, saya tidak pernah mengerti tentang kebutuhan untuk hidrasi yang ‘tepat’ sampai sekitar empat bulan yang lalu. Selama lima belas tahun saya mengajar di industri nutrisi tentang pentingnya pemanfaatan nutrisi dibandingkan konsumsi gizi. Prinsip yang sama juga berlaku di bidang hidrasi. Ini bukan tentang berapa banyak air atau cairan yang Anda minum, melainkan tentang berapa banyak sebenarnya air tersebut mampu digunakan dalam tubuh. Saya diperkenalkan dengan sebuah perusahaan bernama Enagic® yang menyediakan teknologi yang sangat sederhana yang dapat meningkatkan hidrasi. Air mereka disebut Kangen Water®. Kata ‘Kangen’ dalam bahasa Jepang berarti ‘kembali ke asal’. Saya selalu berpikir, air adalah air, tidak bisa lebih jauh dari itu. Saya kehilangan komponen yang sangat penting dari kesehatan kita, dan itu adalah hidrasi yang tepat”. “Jika Anda kembali ke dasar-dasar alam, dan Anda meminum air dari mata air alami yang keluar dari bumi, semua air tersebut memiliki pH yang sangat tinggi atau alkalinitas; sedangkan air yang kita minum dari keran atau air yang dihasilkan dari sistem pemurnian, atau air dalam kemasan adalah air yang jauh dari sifat alkalinitas (bahkan sebenarnya air itu adalah asam). Saya menghabiskan lima belas tahun mencoba untuk mengajarkan orang-orang untuk mengurangi keasaman dalam tubuh melalui makanan yang kita makan. Tapi, hal itu benar-benar membutuhkan perubahan gaya hidup yang lengkap. Pada kenyataannya, sekarang saya menyadari bahwa kita dapat berubah sangat cepat dan efektif dengan hanya mengubah air yang kita minum”. “Teknologi Kangen Water® ini benar-benar sebuah keajaiban menurut saya, karena benar-benar memberikan tiga aspek berbeda yang sangat penting bagi kesehatan kita yang saya temukan, dan ini sangat menarik. Komponen pertama adalah mesin ini menyediakan antioksidan yang sangat tinggi dalam air. Komponen kedua yang membuat saya benar-benar terkesan adalah kemampuan microclustering (molekul air yang sangat kecil). Komponen ketiga adalah alkalinitasnya, Kangen Water® memiliki pH sampai pH 9,5″.

~ Shan Stratton, Ahli Gizi dalam bidang olahraga (Sports Nutritionist).

Siapakah Shan Stratton Seorang Konsultan Gizi dalam bidang olahraga untuk NBA, NFL, MLB, PGA, LPGA, NASCAR, NHL, NY Yankees, AZ Diamondbacks, Houston Rockets, LA Dodgers, dan lain-lain. Dia telah bekerja dengan atlet-atlet terkenal yang tak terhitung jumlahnya seperti Kurt Warner, Maria Sharapova, Reggie Jackson, Cynthia Cooper dan masih sangat banyak lagi. Dia menyatakan bahwa minum Air Kangen® adalah link yang selama ini hilang untuk kesehatan secara keseluruhan dan kinerja untuk atlet setelah saya mempromosikan dan mengadakan konseling penggunaan suplemen berkualitas tinggi, enzim, dan probiotik untuk komunitas atletik selama lebih dari 15 tahun.

Dr. Susan Lark

Dokter Susan Lark - www.kangenairkesehatan.com

Dr. Susan Lark “Minum 4-6 gelas air bersifat basa alami setiap hari akan membantu menetralkan keasaman tubuh, dan dari waktu ke waktu akan membantu untuk mengembalikan kemampuan penyangga basa dalam tubuh Anda. Air bersifat basa alami harus digunakan di saat kondisi keasaman tubuh semakin meningkat, seperti demam, flu atau bronkitis. Seperti vitamin C, E dan Beta Carotene, air bersifat basa alami bertindak sebagai antioksidan karena mengandung kelebihan pasokan elektron bebas. Hal ini dapat membantu tubuh melawan perkembangan penyakit jantung, stroke, disfungsi kekebalan tubuh, dan penyakit umum lainnya”. “Manfaat dari air bersifat basa alami ini dibuat melalui proses elektrolisis, di mana air bersifat basa alami mampu secara perlahan menaikkan pH sel dan jaringan tubuh, serta menetralisir limbah asam. Karena air bersifat basa alami telah memperoleh sejumlah besar elektron bebas melalui proses elektrolisis, ia mampu menyumbangkan elektron bebas tersebut ke oksigen aktif radikal bebas dalam tubuh, sehingga ia berperan menjadi super-antioksidan. Dengan menyumbangkan elektron bebas kelebihannya, air bersifat basa alami mampu memblokir oksidasi jaringan normal oleh oksigen radikal bebas”.

~ Dr. Susan Lark, Clinical Nutritionist (Dokter Spesialis Gizi).

Siapakah  Dr. Susan Lark merupakan salah satu dokter spesialis gizi terkemuka di bidang nutrisi klinis dan pengobatan pencegahan. Lulusan Northwestern University Medical School, beliau menjabat di fakultas klinis dari Stanford University Medical School, dan mengajar di Division of Family and Community Medicine. Dr. Lark adalah seorang dokter terkemuka, penulis, dosen dan pengembang produk inovatif. Melalui pengalaman klinisnya yang luas, dia telah menjadi inovator dalam penggunaan perawatan-perawatan tubuh seperti diet, nutrisi, olahraga dan teknik manajemen stres di bidang kesehatan perempuan, dan telah mengajar secara luas di seluruh Amerika Serikat pada topik pengobatan pencegahan. Dia adalah penulis dari 13 buku terlaris pada kesehatan perempuan termasuk “The Chemistry of Success”.

Dr. Theodore A. Baroody

Dokter Theodore A. Baroody - www.kangenairkesehatan.com

Dr. Theodore A. Baroody, D.C., N.D., Ph.D., Dipl. Acu. “Semua hal yang menyebabkan kita stres berlebih akan meninggalkan residu asam dalam tubuh. Bahkan stres ringan dapat menyebabkan reaksi sebagian atau reaksi total pembentuk asam. Nama-nama yang tak terhitung jumlahnya yang melekat pada penyakit tidak terlalu penting. Hal yang penting adalah bahwa mereka semua berasal dari akar yang sama, yaitu terlalu banyak jaringan limbah asam dalam tubuh”. “Ini adalah pendapat saya, bahwa air terionisasi bersifat basa alami akan mengubah cara di mana semua praktisi kesehatan dan juga masyarakat menjaga kesehatan mereka, dalam tahun-tahun mendatang. Saya telah memberikan lebih dari 5000 galon air ini untuk setiap situasi kesehatan yang ada. Saya merasakan bahwa air bersifat basa alami yang telah direstrukturisasi dapat bermanfaat untuk semua orang”.

~ Dr. Theodore A. Baroody, DC, ND, Ph.D., Dipl. Acu, Konsultan Gizi.

Siapakah Dr. Theodore A. Baroody, D.C., N.D., Ph.D., Dipl. Acu. lahir di Sanford, NC, pada tahun 1950. Ia menerima B.S. dalam Psikologi dan gelar Master di bidang Konseling Pendidikan dari Western Carolina University pada tahun 1974 dan 1978. Ia menerima gelar DC dari Life Chiropractic College of Marietta, Ga pada tahun 1981. Dia melanjutkan studi di Beirut, Lebanon dan di Colombo Americano, Columbia, serta telah melakukan perjalanan secara luas di Eropa dan Asia untuk mengumpulkan informasi tentang seni penyembuhan. Dr. Baroody kemudian menyelesaikan ND dari Clayton School of Naturopathy pada tahun 1991 setelah bertahun-tahun melakukan penelitian klinis dalam prakteknya dan menerima gelar Ph.D. dalam bidang Gizi dari American Holistic College. Dr. Baroody adalah Konsultan Gizi Bersertifikat (CNC) dan anggota profesional dari American Association of Nutritional Consultants, dan juga meraih diplomat dalam bidang akupuntur. Dia adalah penulis buku yang terkenal luas “Alkalize or Die” (2002).

Dr. Robert O. Young

Dokter Robert O. Young - www.kangenairkesehatan.com

Dr. Robert O. Young M.S., D.Sc., Ph.D., N.D. “Tingkat pH (ukuran asam-basa) dari cairan internal kita mempengaruhi setiap sel dalam tubuh kita. Ketidakseimbangan asam secara luas seperti apapun tidak ditoleransi dengan baik oleh tubuh. Memang, seluruh proses metabolisme tergantung pada lingkungan bersifat basa internal yang seimbang. Kondisi kronis kelebihan asam akan merusak jaringan tubuh, perlahan memakan 60.000 mil pembuluh darah vena dan arteri, seperti asam memakan marmer. Jika dibiarkan, hal itu akan mengganggu semua aktivitas dan fungsi seluler; dari detak jantung Anda sampai dengan respon neuron ketika distimulasi (neural firing) dari saraf otak Anda. Singkatnya, pengasaman berlebih akan mengganggu kehidupan itu sendiri dan menyebabkan semua penyakit yang ada!” “Para peneliti percaya bahwa penyakit disebabkan oleh kelebihan kadar asam dalam tubuh kita yang melemahkan seluruh sistem tubuh. Kondisi kelebihan asam tersebut disebabkan oleh gaya hidup kita yang tinggi stres, apa yang kita makan dan juga polutan, hal ini mempengaruhi hampir semua orang. Kelebihan asam memaksa tubuh kita untuk merampas mineral (kalsium dan magnesium) dari organ penting dan tulang. Cadangan mineral kita menjadi habis, menyebabkan tubuh rentan terhadap hilangnya kepadatan tulang, nyeri ulu hati, gangguan pencernaan, masalah gula darah, berat badan naik, dan masih banyak lagi (ada 68 kondisi). Ketika sehat, tubuh Anda memiliki cadangan mineral basa yang cukup untuk menyeimbangkan diri – dan secara alami menolak penyakit (Self Healing). Cara termudah untuk membantu tubuh Anda menjadi lebih basa adalah dengan minum air bersifat basa alami “.

~ Dr. Robert O. Young, Dokter Spesialis Gizi Seluler (Cellular Nutritionist).

Siapakah Dr. Robert O. Young M.S., D.Sc., Ph.D., N.D. Ia telah diakui secara luas selama lebih dari dua setengah dasawarsa terakhir ini. Sepanjang karirnya, penelitiannya difokuskan pada tingkat sel. Memiliki spesialisasi dalam nutrisi seluler, Dr. Young telah mengabdikan hidupnya untuk meneliti penyebab sebenarnya dari ‘penyakit’, ia kemudian mengembangkan The New Biology™ untuk membantu manusia menyeimbangkan kehidupan mereka. Pada tahun 1994, Dr. Young menemukan realitas transformasi biologis dari sel darah merah menjadi bakteri dan bakteri menjadi sel-sel darah merah. Dia telah mendokumentasikan beberapa transformasi tersebut. Hasil penelitian Dr. Young telah dipublikasikan dalam beberapa jurnal, beberapa diantaranya yaitu The Journal of Alternative and Complementary Medicine (Sympathetic Resonance Technology, Scientific Foundations and Summary of Biologic and Clinical Studies, Desember 2002, Vol. 8, No. 6:835-842). Dia adalah penulis berbagai artikel, serta penulis buku dan penulis bersama banyak buku, beberapa diantaranya yaitu The pH Miracle (2002), The pH Miracle for Diabetes (2003), The pH Miracle for Weight Loss (2004).

Dr. Sherry Rogers

Dokter Sherry Rogers - www.kangenairkesehatan.com

Dr. Sherry Rogers M.D. “Air bersifat basa alami membersihkan tubuh dari limbah asam. Setelah dengan sangat hati-hati mengevaluasi saran saya untuk ratusan orang, saya yakin bahwa toksisitas dalam bentuk limbah asam adalah penyebab utama penyakit degeneratif”.

~ Dr. Sherry Rogers, M.D., seorang ilmuwan dan dokter spesialis di bidang Imunologi dan Kedokteran Lingkungan.

Siapakah Dr. Sherry Rogers M.D. adalah anggota dari American College of Allergy and Immunology dan Diplomat dari American Academy of Environmental Medicine, dan telah praktek swasta selama lebih dari 26 tahun. Dr. Rogers mengajar material ilmiah asli di seluruh dunia, serta memberikan program lanjutan untuk para dokter. Dia mengembangkan Tes Bintik Formaldehida (Formaldehyde Spot Test) dan menerbitkan cetakan penelitian dalam tiga jilid dari Annals of Allergy (Sejarah Alergi). Dia telah menerbitkan metode pengujian kimia di National Institutes of Health Journal, Environmental Health Perspectives. Selain itu, ia telah menerbitkan beberapa artikel ilmiah, serta menulis 13 buku termasuk yang terbaru adalah The High Cholesterol Hoax, The High Blood Pressure Hoax, Detoxify or Die dan Pain Free dan telah menjadi editor lingkungan untuk Internal Medicine World Report. Dr. Rogers telah tampil di berbagai program televisi dan radio.

Dr. Leonard Horowitz

Dokter Leonard Horowitz - www.kangenairkesehatan.com

Dr. Leonard Horowitz “Studi internasional menunjukkan bahwa populasi dengan sedikit atau tanpa riwayat penyakit seperti kanker, minum air yang mengandung pH lebih tinggi (bersifat basa alami). Setelah semua faktor risiko potensial dipertimbangkan dan diperhitungkan, menjadi jelas bahwa mereka telah minum air dengan pH 9,0-10,0”.

~ Dr. Leonard Horowitz, Behavioral Scientist, Pendidik (25).

Siapakah Dr. Leonard Horowitz adalah seorang ahli yang dikenal secara internasional dalam ilmu perilaku, pendidikan kesehatan masyarakat, dan praktek manajemen kesehatan. Ia menerima gelar doktor dari Tufts University, dianugerahi beasiswa untuk melakukan penelitian perilaku di University of Rochester, dan kemudian meraih gelar Master di bidang Kesehatan Masyarakat dalam ilmu perilaku dari Harvard University dan gelar Master di bidang Pendidikan Kesehatan dari Beacon College. Ia adalah salah satu pembicara motivasi kesehatan yang paling diminati, ia telah bertugas di fakultas-fakultas di Tufts University, Harvard University, dan Leslie College Institute for the Arts and Human Development, memimpin pusat kesehatan multidisiplin selama lebih dari satu dekade, dan saat ini menjabat sebagai Presiden dari Tetrahedron, Inc., sebuah perusahaan nonprofit di bidang pendidikan kesehatan.

Dr. Don Colbert

Dokter Don Colbert - www.kangenairkesehatan.com

Dr. Don Colbert, M.D. “Air bersifat basa alami dan heksagonal sangat efektif dalam mengobati orang dengan penyakit kronis”. “Tubuh Anda dapat tumbuh subur di lingkungan basa karena mampu mendetoksifikasi lebih efisien daripada di lingkungan asam. Dalam lingkungan basa, jaringan tubuh Anda menyingkirkan kotoran dengan lebih efisien. Ketika pasien kanker datang ke kantor saya untuk memulai perawatan nutrisi, tubuh mereka hampir selalu sangat asam dan beracun. Tugas pertama saya adalah untuk mendapatkan jaringan tubuh mereka di alkalisasi dengan minum air bersifat basa alami”. “Saya telah merekomendasikan air bersifat basa alami dan heksagonal bahkan untuk pasien saya yang paling muda. Pada tahun 2005 seorang anak perempuan berusia sepuluh tahun dan orang tuanya datang ke kantor saya di Carolina Selatan. Anak itu memiliki juvenile rheumatoid arthritis yang melumpuhkan dan berat anak ini hanya 52 pon (=26kg). Tangannya bengkak sebesar sarung tinju, dan lututnya bengkak sebesar softballs. Saya meresepkan dia, air bersifat basa alami, 1-2 liter sehari. Satu setengah minggu kemudian dia bebas dari rasa nyeri, dan pembengkakan-nya secara signifikan berkurang. Ketika dia pertama kali datang ke saya, dia harus menggunakan kursi roda, tetapi dia benar-benar bisa berjalan tanpa rasa sakit setelah hanya satu setengah minggu minum air bersifat basa alami. Orangtuanya gembira luar biasa. Kami menaikkan pH jaringan tubuh anak ini. Setelah satu bulan, ukuran tangannya mendekati normal”.

~ Dr. Don Colbert, Doktor Medis (Medical Doctor).

Siapakah Don Colbert, M.D., bersertifikat dalam praktek keluarga dan pengobatan anti penuaan. Dia adalah Direktur Medis dari Divine Health Wellness Center di Orlando, Florida di mana ia telah merawat lebih dari 40.000 pasien. Dr. Colbert adalah seorang ahli yang dikenal secara internasional dan seorang pembicara yang produktif pada pengobatan integratif (kombinasi pengobatan tradisional dan alternatif). Don Colbert, M.D. telah tampil di Fox News, ABC World News, The Atlanta Journal Constitution, BBC, Readers Digest, News Week, Prevention Magazine, dan banyak lainnya. Dia adalah penulis terlaris lebih dari 40 buku termasuk buku What Would Jesus Eat, The Bible Cure Series, serta The Seven Pillars of Health (a New York Times best-seller) yang seluruhnya telah terjual lebih dari 4 juta kopi. Banyak dari buku Dr. Colbert menjadi bacaan wajib di banyak sekolah kedokteran di seluruh dunia. Dr. Colbert adalah Dewan Penasehat Medis untuk Fellowship of Christian Athletes. Dr. Colbert juga Ketua dari Divine Health Inc. yang mendistribusikan dan menjual suplemen gizi dan vitamin.

Felicia Drury Kliment B.A., M.S.

Felicia Drury Kliment B.A., M.S. - www.kangenairkesehatan.com

Felicia Drury Kliment B.A., M.S. “Setelah bertahun-tahun melakukan percobaan klinis terus menerus yang saya lakukan dengan ratusan klien saya, dengan menggunakan air bersifat basa alami yang secara elektronik direstrukturisasi, ini adalah pendapat saya bahwa teknologi ini akan mengubah cara di mana semua penyedia layanan kesehatan dan masyarakat akan mendekati kesehatan mereka di tahun-tahun mendatang. Saran saya adalah minum air bersifat basa alami yang direstrukturisasi, kapanpun jika memungkinkan”.

~ Felicia Drury Kliment B.A., M.S.

Siapakah Felicia Drury Kliment B.A., M.S. adalah penulis buku The Acid Alkaline Balance Diet (2002). Ia mengeluarkan panduan rencana diet asam-basa dan menunjukkan bagaimana Anda dapat menyembuhkan refluks asam dan penyakit degeneratif lainnya dengan mengikuti program diet yang sederhana. Memulai karir sebagai guru di pusat kota, Felicia Drury Kliment bertekad untuk mencari tahu apa yang menyebabkan ketidakmampuan belajar dan gangguan perilaku pada anak-anak yang menjadi muridnya. Dia menemukan jawaban ketika bertahun-tahun kemudian, sebagai anggota fakultas di The City College of the City University of New York, ia dan rekannya melakukan serangkaian studi penelitian statistik. Studi ini mengungkapkan bagaimana makanan olahan yang disajikan di kantin sekolah memicu perilaku di luar kendali di dalam kelas dan membuat lebih sulit untuk belajar.